Skip to main content

Pengertian Asuransi Kesehatan

Pengertian Asuransi Kesehatan-Secara garis besar pengertian asuransi ialah istilah yang digunakan oleh lembaga yang memberikan jaminan,perlindungan kesehatan,jiwa,rumah,kendaraan dan segala sesuatu yang bernilai yang apabila sesuatu tersebut berisiko hilang atau terbakar dapat menyebabkan kerugian secara finansial bagi yang bersangkutan.Sedangkan pengertian asuransi kesehatan secara spesifik adalah salah satu produk asuransi yang memberikan jaminan serta pertanggungan apabila si pemegang asuransi kesehatan tersebut mengalami sakit yang membutuhkan perawatan serta obat-obatan dan biaya lainnya yang timbul maka biaya-biaya tersebut ditanggung oleh perusahaan asuransi dimana ia terdaftar.

Asuransi kesehatan merupakan jenis usaha jasa keuangan yang sangat kompleks yang melibatkan tiga unsur yang tidak dapat dipisahkan yaitu peserta atau nasabah asuransi, pemberi pelayanan seperti rumah sakit dan klinik dan badan asuransi yaitu penyelenggara pemerintah atau perusahaan asuransi yang menjual produk asuransi.

Terkait Kapan Waktunya Berasuransi

Secara umum,perusahaan-perusahaan asuransi kesehatan mengeluarkan dua jenis pertanggungan yang masuk dalam kategori asuransi kesehatan.Yaitu pertanggungan rawat jalan dan pertanggungan rawat inap.Jadi apabila Anda mengalami sakit namun Anda sudah terdaftar pada perusahaan asuransi kesehatan maka Anda berhak untuk mendapatkan pertanggungan biaya rawat jalan dan rawat inap yang semua biayanya ditanggung oleh perusahaan asuransi yang bersangkutan.

Maka untuk membahasnya secara terperinci,kita akan membagi pengertian asuransi kesehatan ini menjadi dua bagian,yaitu asuransi kesehatan rawat jalan dan asuransi kesehatan rawat inap yang kedua-duanya masuk dalam paket asuransi kesehatan.

Pengertian Asuransi

Pengertian Asuransi Kesehatan Rawat Jalan

Rawat jalan adalah salah satu bagian dari asuransi kesehatan yang memberikan jaminan pembiayaan apabila Anda sakit lalu membutuhkan pengobatan rawat jalan.Maka segala biaya yang timbul seperti biaya pemeriksaan,rontgen,transfusi darah,cek laboratorium dan lain sebagainya ditanggung oleh perusahaan asuransi dimana Anda terdaftar.Asuransi rawat jalan biasanya merupakan manfaat tambahan dari asuransi rawat inap.Jadi asuransi kesehatan rawat jalan ini sudah satu paket dengan asuransi kesehatan rawat inap.

Pengertian Asuransi Kesehatan Rawat Inap

Rawat inap adalah merupakan manfaat utama dari tujuan asuransi kesehatan yang meliputi biaya pengobatan,tindakan,kunjungan dokter,sewa kamar dan segala biaya yang timbul dari menggunakan fasilitas rawat inap.Biasanya besaran pertanggungan maupun besaran polis atau premi asuransi kesehatan rawat inap ini tergantung dari kamar atu kelas rumah sakit yang dituju.Semakin tinggi dan mahal jenis kamar dan rumah sakit yang dituju,maka semakin tinggi pula besaran tanggungan yang diterima dan otomatis besaran iuran premi maupun polis menjadi lebih mahal.

Penjelasan Tambahan Pengertian Asuransi Kesehatan

Di Indonesia sendiri,pemerintah telah mengeluarkan produk BPJS kesehatan yang bertujuan untuk menjamin segala biaya yang timbul dari akibat sakitnya seseorang tanpa harus membayar premi.Dan ini dikhususkan untuk masyarakat golongan bawah yang kurang mampu.Namun dalam pelayanannya tetap saja masih banyak kekurangan dibandingkan kita membeli asuransi kesehatan secara mandiri pada perusahaan asuransi swasta yang ada di Indonesia.Sedangkan masyarakat yang sudah mampu diwajibkan untuk mendaftarkan diri secara mandiri dan tentu dengan membayar iuran atau premi setiap bulannya,kualitas pelayanan yang diberikan-pun berbeda dengan yang gratisan.

Para pemilik perusahaan atau pabrikpun telah mendaftarkan para karyawannya untuk ikut program asuransi kesehatan ini yang sebelum adanya BPJS sering dikenal dengan Jamsostek.Namun para karyawan tersebut membayar premi atau iurannya dari gaji yang dipotong oleh perusahaan untuk membayar premi asuransi.

Para pegawai negeri sipil juga mendapatkan manfaat dari asuransi kesehatan ini yang dulu lebih dikenal dengan ASKES namun sekarang berubah dan diseragamkan menjadi BPJS Kesehatan.Anak-anak mereka juga dijamin sampai dengan usia 21 tahun. Para pensiunan beserta istri ataupun suami juga dijamin seumur hidup.Terkait Cara Memilih Asuransi Kesehatan Terbaik

Kesimpulan Pengertian Asuransi Kesehatan

Bagaimana sobat,apakah Anda sudah faham dengan pengertian asuransi kesehatan yang telah dijabarkan diatas?Jika sudah faham dan tahu betapa pentingnya manfaat asuransi kesehatan buat diri Anda dan keluarga,segera daftarkan diri Anda dan keluarga pada perusahaan asuransi kesehatan yang telah Anda kenal baik secara online maupun dengan mendatangi kantor asuransi terdekat dikota Anda.Atau Anda termasuk masyarakat yang kurang mampu dalam artian berpenghasilan rendah?Anda bisa mendatangi aparat keluraha dimana Anda tinggal untuk didaftarkan sebagai peserta BPJS Kesehatan yang segala biayanya ditanggung oleh pemerintah.

Comments

Popular posts from this blog

Peluang Usaha Penyewaan Mobil Dan Motor Anak

Dunia bermain Anak memang penuh dengan Peluang Bisnis .Jika Anda jeli melihat peluang betapa menguntungkannya usaha sewa mobil mainan yang di jalankan pakai aki listrik tentu Anda akan tergiur untuk mengimplementasikan usaha ini.Karena untuk menjadi sukses tentunya kita harus berani mengambil peluang sekecil apapun,terlebih Peluang usaha sewa mobil mainan anak ini sangat besar untuk bisa diimplementasikan asalkan Anda memiliki modal yang cukup untuk bisa bermain di bisnis ini. Pada saat jalan-jalan ke mall atau pusat keramaian mungkin Anda pernah atau sering menjumpai anak-anak kecil yang berlalu-lalang kesana-kemari dengan mengendarai mobil atau motor mini yang mereka jalankan sendiri?Tentu Anda yang belum tahu bertanya-tanya apakah Anak-anak tersebut membawa mainan mereka yang dirumah untuk dimainkan di mall.Tentu jawabannya tidak.Anak-anak tersebut memakai mobil dan motor mainan dengan menyewa di tempat pesewaan mainan anak yang ada di mall tersebut. Realita inilah yang b

Lowongan Usaha Online Terbaru Modal 3 Juta Profit 500ribu Sekali Belanja

Lowongan Usaha Online Terbaru Modal 3 Juta Profit 500ribu Sekali Belanja - Pengguna internet di Indonesia makin tahun semakin banyak kira-kira sekitar 100 juta pengguna baru bertambah setiap tahunnya itulah mengapa bisnis online semakin berkembang cepat di Indonesia. Marketplace juga semakin banyak bermunculan seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak dan masih banyak lagi. Ayo manfaatkan smartphone android anda maupun laptop anda untuk menghasilkan keuntungan sebesar 500 ribu setiap hari. Bayangkan saja 500 ribu hanya dari rumah. Apa yang harus kita lakukan ? Caranya sangat mudah kita tinggal buka 3 marketpalce di atas satu per satu untuk melihat produk apa yang kiranya laris manis untuk dijual didaerah anda. Setelah ketemu misalnya "tas" simpan gambarnya lalu share ke sosial media milik anda seperti di Instagram, Facebook dan sebagainya. Lakukan hal yang sama untuk produk yang lain. Selanjutnya tinggal tunggu komentar, jika ada yang mesan kita tinggal

Peluang Usaha Terdahsyat Untung Hingga Rp.22jt/Bulan Cuma Dari Rumah

Peluang Usaha Terdahsyat Untung Hingga Rp.22jt/Bulan Cuma Dari Rumah – Apakah anda pernah mendengar tentang bisnis dropship ?. Dropship adalah sistem menjual produk secara online yang mana kita tidak harus memiliki produk tersebut lalu menjualkannya kepada konsumen dengan mengambil keuntungan dari selisih harga barang. Kita juga tidak perlu repot mengerjakan pengemasan barang dan pengiriman barang ke pada pembeli karena semua itu akan dilakukan supplier dan mantapnya lagi pada kemasan paket produk yang dijual bertuliskan nama kita atau nama toko kita bukan nama supplier, jadi kredibilitas kita tetap terjaga baik. Untuk memasarkan produk kita bisa secara online maupun offline, tapi biasanya dengan cara online lebih efektif dan jangkauan orangnya semakin besar. Ada beberapa saran untuk memasarkan produk secara online seperti di blog, facebook, twitter, instagram, BBM, whatsapp dan masih banyak lagi. Tugas kita sangatlah mudah yaitu memilih produk yang kiranya laku