Cara Budidaya Ikan Lele Hingga Sukses


Cara Budidaya Ikan Lele Hingga Sukses - Buat anda yang sedang mencari panduan cara budidaya ikaln lele yang baik dan benar disinilah ulasan lengkapnya. Tanpa panjang lebar sebaiknya kita langsung menuju ke topik utama kita yaitu ikan lele yaitu bagaimana cara membudidayakan atau ternak ikan lele.

Ikan lele adalah salah saju jenis ikan tawar dan ini akan menjadi peluang bisnis yang sangat besar ketika anda bisa memanfaatkan ikan lele sebagai peluang bisnis sebab ikan lele adalah ikan yang sangat terfavorit di masyarakat indonesia.

Cara Budidaya Ikan Lele Hingga Sukses

Cara berternak dan budidaya sebenarnya sangat mudah, tapi walaupun demikian kita juga harus memperhatikan beberapa hal berikut ini agar usaha bisnis ikan lele yang anda jalankan berjalan lancar dan sukses  :

1. Ikan lele dapat hidup pada suhu 20-28 derajat C
2. Sebaiknya kolam ikan terhindar dari limbah
3. Ikan lele lebih suka air tenang dengan sedikit keruh
4. Jangan menutup permukaan kolam

Memulai budidaya atau ternak ikan lele  :

Siapkan kolam, sebaiknya buatlah kolam yang jauh dari masyarakat karena biasanya kolam ikan lele mengeluarkan bau yang kurang sedap, setelah itu buat kolam dengan kedalaman 80 cm - 100 cm dan masukkan terpal agar air tidak cepat meresap kedalam tanah dan jika ada modal lebih, lebih baik lagi jika di semen.

Setelah kolam sudah siap lakukan pengapuran dengan kapur dolomit bertujuan untuk mengembalikan keasaman tanah dan mematiakn bibit penyakit yang tidak baik. Setelah semuanya selesai langkah selanjutnya adalah memasukkan air ke dalam kolam. Dalam memasukkan air dalam kolam sebaiknya lakukan secara bertahap jangan langsung full, ini bertujuan untuk menumbuhkan plankton sebagai pakan alami ikan lele dan biarkan selama 4 sampai 5 hari.

Pemilihan indukan ikan lele, ciri indukan jantan adalah sebagai berikut  :

  1. Perut ramping
  2. Tulang kepala pipih
  3. Warna lebih gelap
  4. Gerakan lebih lincah
  5. Alat kelaminnya berbentuk runcing

Ciri-ciri indukan betina adalah sebagai berikut  :

  1. Perut lebih besar dari pada punggung
  2. Tulang kepala terlihat cembung
  3. Gerakan lamban
  4. Warna badan lebih cerah
  5. Alat kelamin betina berbentuk bulat

Proses pemijahan, adalah proses perkawinan antara indukan jantan dan indukan betina. Tanda indukan jantan yang siap kawin yaitu alat kelaminnya berwarna merah sedangkan yang betina sel telur berwarna kuning (jika berwarna hijau artinya belum matang). Sel telur yang sudah dibuahi akan menempel pada sarang dan dalam waktu 24 jam akan menetas menjadi anak ikan lele.

Setelah proses pemijahan langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah memindah anakan ikan lele, dengan cara  :

  • Kurangi air kolam hingga tersisa 20-10 cm
  • Siapkan ember di isi air
  • Pindahkan benih dari kolam 1 ke kolam 2 dan sebaiknya dilakukan pada malam hari karena anakan lele masih rentan terhadap tingginya suhu air.

Pakan anakan ikan lele juga harus di perhatikan, pakan alami ikan lele yang baru berumur 3-4 hari adalah plankton, kutu air, cacing, jentik. Sedangkan untuk pakan anak ikan lele yang sudha berumur di atas 4 hari harus memiliki kandungan nutrisi yang tinggi, protein yang tinggi.

Nah, itulah tadi sedikit informasi mengenai Cara Budidaya Ikan Lele Hingga Sukses. Semoga bermanfaat.


Related : Cara Budidaya Ikan Lele Hingga Sukses

0 Komentar untuk "Cara Budidaya Ikan Lele Hingga Sukses"