Peluang Usaha Jualan Motor Bekas



Pangsa pasar motor second atau motor bekas di Indonesia kini semakin mengeliat.Buktinya hampir disepanjang jalan raya maupun ditengah perkampungan,dengan mudahnya bisa kita temui dealer atau showroom motor-motor second yang menjajakan dagangannya dengan harga dan kualitas yang variatif.Inilah sesungguhnya Peluang Usaha yang akan kita lirik,yaitu Peluang Usaha Jualan Motor Second.

Namun untuk memulai Usaha Jual Motor Bekas ini dibutuhkan modal yang cukup besar,minimal Anda harus punya modal setidaknya 50juta rupiah untuk membeli beragam motor bekas yang masih bagus dengan harga rata-rata permotor 8juta saja Anda sudah bisa menjajakan 5-6 unit motor second.

Namun,untuk bisa sukses memulai Usaha Jual Motor Bekas ini setidaknya Anda sudah berbekal pengetahuan dan pengalaman soal harga motor second,karena ini bisnis jual beli barang bekas,maka harganya-pun tidak ada patokan yang pasti,hanya insting pedaganglah yang bermain disini.
Jika Anda sudah siap untuk membuka Usaha Jualan Motor Second ini,ada baiknya Anda menyimak hal-hal apa saja yang mesti Anda persiapkan dan kuasai agar bisnis usaha jualan motor second Anda bisa menuai kesuksesan.

Pengalaman.

Pengalaman masih menjadi guru yang terbaik dalam memulai usaha bisnis apapun,terlebih usaha jualan sepeda motor second,jualan motor second tidak hanya membutuhkan modal yang besar saja,namun kepiawaian berkomunikasi dengan pelanggan sangatlah diperlukan,kepiawaian bernegosiasi harga dengan si penjual agar bisa mendapat motor dengan harga yang lebih murah dan kepiawaian bernegosiasi tawar-menawar dengan calon pembeli agar mendapatkan keuntungan yang maksimal.

Pengetahuan Tentang Mesin Motor

Setidaknya Anda harus sedikit mengerti dengan seluk-beluk mesin motor serta tahu gejala motor rusak,hal ini diperlukan Agar anda tidak rugi,jangan sampai kejadian merugikan menimpa bisnis Anda dikarenakan Anda membeli motor rusak dengan harga tinggi namun sulit menjualnya,inilah kerugian yang paling besar bagi pebisnis motor second.Maka ilmu tentang permesinan sepeda motor minimal harus Anda kuasai,jika Anda tidak menguasainya,maka sebagai solusinya Anda bisa mengangkat anak buah yang mengerti tentang mesin sepeda motor.

Punya Jaringan Yang Luas.

Rata-rata pebisnis sepeda motor itu mendapatkan pembeli dan penjual sepeda motor secondanya itu dari calo atau perantara.Nah,,tugas Anda adalah memiliki teman atau relasi calo yang banyak agar mereka bisa membawa calon pembeli ke showroom Anda,atau mendatangkan penjual kepada Anda.Jika Anda tidak punya jaringan atau relasi sedikitpun maka saya jamin usaha showroom Anda akan gulung tikar dalam beberapa bulan.Ingat..harga motor bekas itu terus menyusut kawan,jika sekarang harga pasaran Honda Beat tahun 2008 seharga 6juta rupiah,maka bisa dipastikan satu bulan lagi harganya bisa turun 100 hingga 200rb.Untuk mengatasi hal ini Anda harus punya jaringan sebanyak mungkin agar sirkulasi penjualan motor second Anda lancar.Istilahnya tidak ada motor yang mengendap atau menginap di showroom Anda lebih dari 7 hari.

Tempat Yang Strategis

Peluang Usaha Jualan Motor Bekas
Ilustrasi
Dalam usaha apapun,tempat menjadi objek yang paling vital dalam kesuksesan serta kelangsungan usaha kita.Jika showroom motor second kita berada jauh dipedalaman maka sudah bisa dipastikan tidak banyak pengunjung yang datang dan akhirnya tidak akan ada penjualan.

Itulah beberapa point yang perlu Anda jadikan perhatian sebelum Anda berniat ingin membuka usaha jualan motor second.Jika semua hal dan persyaratan diatas sudah Anda miliki maka Anda sudah bersiap untuk melenggang menekuni usaha jualan motor bekas ini.

Terima Kasih sudah menyimak tulisan ini semoga bisa menjadi inspirasi rencana bisnis Anda untuk hari tua dan masa depan Anak cucu Anda.

Tawaran peluang usaha lain yang mungkin menarik untuk Anda.


1 Response to "Peluang Usaha Jualan Motor Bekas"