Skip to main content

Tempe Mendoan-Peluang Usaha Makanan Ringan Modal Kecil

Sedang mencari peluang usaha makanan ringan modal kecil untung besar?-Disini tempatnya Anda akan menemukan tips memulai bisnis kecil-kecilan dengan memanfaatkan tempe sebagai bahan bakunya.Sebagaimana kita ketahui bahwa tempe merupakan makanan yang masuk dalam kategori makanan keluarga yang penuh gizi dengan harga yang murah meriah.Tempe mendoan adalah produk makanan ringan yang berasal dari tempe,dan dari tempe inilah kita mencoba menyulap menjadi peluang usaha makanan ringan yang menjanjikan.

Siapa sih yang tidak kenal tempe dan siapa juga yang belum pernah mencicipi tempe mendoan.Tentu Anda semua pernah mencobanya bukan,bahkan menjadi hidangan atau cemilan vaforit keluarga dirumah.Bagi sebagian orang,menyantap tempe mondoan adalah rutinitas wajib baik dikala pagi sambil menyambut sang surya terbit maupun dimalam hari yang dingin.Disinilah sesungguhnya celah atau peluang usaha makanan ringan yang mesti kita rebut sebelum orang lain mengambilnya,meskipun sudah banyak sekali para penjaja makanan ringan khas daerah jawa ini,namun tidak ada ruginya bila kita mencoba mengambil peruntungan dengan menjalankan usaha makanan ringan ini.

Berikut ini beberapa tips berguna buat Anda yang ingin mencoba membuka usaha tempe mendoan ini.

Persiapkan Peralatan Utama Dan Pendukung.

Untuk membuka usaha makanan ringan berbahan dasar tempe ini setidaknya Anda harus memiliki beberapa peralatan serta bahan baku dibawah ini.
  • Sediakan gerobak dorong aluminium berukuran 100x40cm.Bila anda belum punya,Anda bisa memesannya di tempat2 yang melayani pembuatan gerobak aluminium,harganya bervariasi antara 1juta hingga 2juta Rupiah-sesuaikan dengan budget yang Anda punya.
  • Sediakan kuali atau wajan penggorengan berukuran besar,wajan berukuran besar biasanya berharga 120.000-150.000 Rupiah.
  • Sediakan juga kompor mawar.Kompor mawar ialah kompor berbahan bakar gas yang memiliki tekanan api yang bisa diatur,dengan memakai kompor mawar ini akan lebih mempersingkat waktu penggorengan dibanding dengan menggunakan kompor gas biasa.Di pasaran harganya sekitar 110.000 Rupiah.
  • Sediakan juga tunggku kompor mawar sebagai tumpuan kompor mawar.Tungku kompor mawar ini bisa Anda pesan di tukang las dengan harga 50rb-an.
  • Sediakan tabung gas juga,tapi kalau sudah punya dirumah,pakai saja yang dirumah,sebagai upaya memanfaatkan yang sudah ada demi menekan anggaran modal.Kalau belum punya,tabung gas beserta isinya bisa ditebus di agen penjualan gas dengan harga antara 160.000-175.000.
  • Sediakan juga peralatan pendukung lainnya seperti saringan,baskom adonan,pisau dan samsi untuk mengaduk gorengan,dan jangan lupa capit gorengan juga harus Anda beli dan sediakan.Untuk menebus peralatan tambahan tersebut setidaknya Anda keluar uang sebesar 150.000.
  • Yang terakhir adalah pembelian bahan baku seperti tempe,daun bawang,tepung terigu,minyak goreng,kecap,cabai rawit serta kertas dan plastik pembungkus.Perkiraan menghabiskan biaya tidak lebih dari 200rb.

Carilah Tempat Yang Strategis Dan Ramai.

Setelah Anda sudah mantap dalam mempersiapkan peralatan serta bahan bakunya.Kini Anda harus fokus pencarian tempat.Tempat untuk mangkal berjualan tempe mendoan ini sangat disarankan ditempat-tempat yang paling ramai.Didepan pertokoan misalnya,atau di dekat pasar-pasar yang banyak orang berlalu-lalang.Atau jika Anda punya budget lebih,Anda bisa menyewa stand khusus para kuliner yang Ada di pusat perbelanjaan modern.

Promosikan Usaha Makanan Ringan Tempe Mendoan Anda

Usaha apapun tidak boleh terlepas dar promosi,lakukan promosi sewajarnya dengan membuat beberapa banner atau spanduk  yang aktraktif yang dapat mengundang selera.Pemasangan spanduk didepan tenda atau menyatu dengan gerobak sangat efektif untuk menarik minat calon pembeli.

Berikan Reward Kepada Pembeli

Tempe Mendoan-Peluang Usaha Makanan Ringan Modal Kecil
Ilustrasi
Memberikan reward atau bonus buat pelanggan yang membeli dengan jumlah banyak adalah strategi jitu untuk menarik pelanggan berikutnya dan strategi ini juga akan membuat pelanggan bisa balik lagi ketempat Anda jika ingin memakan mendoan.Usaha yang berpotensi maju adalah usaha yang bisa memberikan penghargaan serta perhatian kepada para konsumennya.Memberikan reward atau bonus kepada pembeli adalah cara Anda menghargai pembeli Anda.Sebagai contoh; Bila pelanggan beli satu paket tempe mendoan yang berisi 10 potong maka Anda bisa memberikannya bonus 1 potong.Dengan cara ini saya yakin pelanggan Anda bakal balik lagi.

Terakhir-Analisa Usaha.

Usaha makanan ringan modal kecil mendoan ini memiliki peluang untung yang sangat menjanjikan jika Anda menerapkan TIPS-TIPS promosi penting seperti yang telah saya sebutkan diatas.Usaha makanan ringan mendoan ini memiliki pelanggan setia tersendiri dan merupakan usaha yang cukup kuat meski diterjang krisis sekalipun.

Bagaimana sobat,apakah Anda sudah siap untuk menjadi pengusaha tempe mendoan?Segera secepatnya Anda ambil peluang usaha makanan ringan modal kecil ini agar Anda tidak keduluan dengan orang yang punya niat sama dengan Anda.Terima Kasih.

Selanjutnya;


Comments

  1. Tempe mendoan paling enak dimakan sama kecap manis pedes...ughhh

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Peluang Usaha Penyewaan Mobil Dan Motor Anak

Dunia bermain Anak memang penuh dengan Peluang Bisnis .Jika Anda jeli melihat peluang betapa menguntungkannya usaha sewa mobil mainan yang di jalankan pakai aki listrik tentu Anda akan tergiur untuk mengimplementasikan usaha ini.Karena untuk menjadi sukses tentunya kita harus berani mengambil peluang sekecil apapun,terlebih Peluang usaha sewa mobil mainan anak ini sangat besar untuk bisa diimplementasikan asalkan Anda memiliki modal yang cukup untuk bisa bermain di bisnis ini. Pada saat jalan-jalan ke mall atau pusat keramaian mungkin Anda pernah atau sering menjumpai anak-anak kecil yang berlalu-lalang kesana-kemari dengan mengendarai mobil atau motor mini yang mereka jalankan sendiri?Tentu Anda yang belum tahu bertanya-tanya apakah Anak-anak tersebut membawa mainan mereka yang dirumah untuk dimainkan di mall.Tentu jawabannya tidak.Anak-anak tersebut memakai mobil dan motor mainan dengan menyewa di tempat pesewaan mainan anak yang ada di mall tersebut. Realita inilah yang b

Lowongan Usaha Online Terbaru Modal 3 Juta Profit 500ribu Sekali Belanja

Lowongan Usaha Online Terbaru Modal 3 Juta Profit 500ribu Sekali Belanja - Pengguna internet di Indonesia makin tahun semakin banyak kira-kira sekitar 100 juta pengguna baru bertambah setiap tahunnya itulah mengapa bisnis online semakin berkembang cepat di Indonesia. Marketplace juga semakin banyak bermunculan seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak dan masih banyak lagi. Ayo manfaatkan smartphone android anda maupun laptop anda untuk menghasilkan keuntungan sebesar 500 ribu setiap hari. Bayangkan saja 500 ribu hanya dari rumah. Apa yang harus kita lakukan ? Caranya sangat mudah kita tinggal buka 3 marketpalce di atas satu per satu untuk melihat produk apa yang kiranya laris manis untuk dijual didaerah anda. Setelah ketemu misalnya "tas" simpan gambarnya lalu share ke sosial media milik anda seperti di Instagram, Facebook dan sebagainya. Lakukan hal yang sama untuk produk yang lain. Selanjutnya tinggal tunggu komentar, jika ada yang mesan kita tinggal

Peluang Usaha Terdahsyat Untung Hingga Rp.22jt/Bulan Cuma Dari Rumah

Peluang Usaha Terdahsyat Untung Hingga Rp.22jt/Bulan Cuma Dari Rumah – Apakah anda pernah mendengar tentang bisnis dropship ?. Dropship adalah sistem menjual produk secara online yang mana kita tidak harus memiliki produk tersebut lalu menjualkannya kepada konsumen dengan mengambil keuntungan dari selisih harga barang. Kita juga tidak perlu repot mengerjakan pengemasan barang dan pengiriman barang ke pada pembeli karena semua itu akan dilakukan supplier dan mantapnya lagi pada kemasan paket produk yang dijual bertuliskan nama kita atau nama toko kita bukan nama supplier, jadi kredibilitas kita tetap terjaga baik. Untuk memasarkan produk kita bisa secara online maupun offline, tapi biasanya dengan cara online lebih efektif dan jangkauan orangnya semakin besar. Ada beberapa saran untuk memasarkan produk secara online seperti di blog, facebook, twitter, instagram, BBM, whatsapp dan masih banyak lagi. Tugas kita sangatlah mudah yaitu memilih produk yang kiranya laku