Skip to main content

Prospek Usaha Ternak Ayam Kampung Super

Prospek Usaha Ternak Ayam Kampung Super-Berternak ayam kampung super memiliki prospek lebih unggul dan lebih menjanjikan jika dibandingkan dengan berternak jenis binatang unggas lainnya.Pendapat bahwa berternak ayam kampung super lebih baik dari unggas lainnya dikarenakan terdapat banyak kelebihan serta keunggulan dari ayam kampung super ini bila dibandingkan dengan jenis unggas lainnya.

Oleh karena itulah ayam kampung super memiliki beberapa keunggulan yang tidak bisa Anda temui apabila Anda berternak jenis unggas lainnya,sehingga bila dilihat dari prospeknya,prospek berternak ayam kampung sangat menjanjikan.Berikut adalah beberapa keunggulan mengapa Anda harus berternak ayam kampung super,di antaranya adalah:
  • Memiliki fisik dan corak bulu atau warna bulu seperti ayam kampung pada umumnya yang sering kita lihat.Jadi,dari sisi penampilan atau bentuk rupa tubuh ayam kampung ini sudah umum dimata masyarakat.
  • Masa panen ayam kampung yang relatif lebih singkat.Sehingga meningkatkan keuntungan serta pendapatan yang lebih signifikan.
  • Harga jual yang lebih tinggi dan stabil.Kita tahu bahwa ayam kampung masih menjadi primadona bila dibandingkan dengan unggas lainnya.
  • Selalu menjadi menu utama.Restoran,penjual pecel ayam,serta rumah makan,baik rumah makan padang maupun rumah makan warteg,menu utamanya pastilah daging ayam.Dan daging ayam jenis ayam kampung merupakan incaran konsumen.
  • Pemeliharaanya mudah karena memiliki daya tahan tubuh yang tinggi.Ayam kampung super lebih kebal penyakit bila dibandingkan dengan ayam broiler atau ayam negeri.Ayam kampung super membutuhkan sedikit suplement atau vitamin,sedangkan ayam broiler membutuhkan banyak vitamin untuk bisa cepat panen.Jadi berternak ayam kampung bisa menghasilkan kualitas daging yang menyehatkan serta tidak perlu banyak keluar modal untuk membeli berbagai vitamin seperti halnya bila Anda berternak ayam broiler atau jenis unggas lainnya.
Jika Anda sudah paham mengenai kelebihan serta prospek usaha berternak ayam kampung super bila dibandingkan berternak unggas atau ayam lainnya.Maka hal selanjutnya yang harus Anda ketahui adalah mengenai analisa berapa banyak modal yang harus Anda investasikan untuk membuka usaha ternak ayam kampung super ini,serta seberapa besar keuntungan yang akan Anda peroleh saat masa panen tiba.

Berikut adalah analisa perhitungan modal serta keuntungan berternak ayam kampung super.
Inilah analisa usaha ayam kampung super per 500 ekor.
  • Doc 500 x 4200 = 2.100.000
  • Pakan 20 sak x 350.000 = 7.000.000
  • Vaksin dan vitamin = 100.000
  • Lain-lain = 50.000 
  • Total Estimasi Modal Rp.9.250.000 [Sembilan Juta Dua Ratus Lima Puluh Ribu Rupiah]
Penjualan Jika Masa Panen Tiba
  • Jumlah ayam 500
  • Estimasi kematian ayam 5%
  • Harga jual rata-rata per ekor ayam kampung super Rp 35.000
  • Estimasi bobot rata-rata ayam kampung super pada saat panen 1 Kg
  • 475 ekor x 1Kg = 475kg x 35.000 = 16.625.000
  • Laba bersih = Penjualan – Modal = 16.625.000 – 9.250.000 = Rp 7.375.000
Jadi,total keuntungan bersih yang bisa Anda kantongi dalam setiap masa panen sebesar Rp.7.375.000 Rupiah.Keuntungan yang fantastis bukan?

Prospek Usaha Ternak Ayam Kampung Super

Point-point penting yang harus Anda perhatikan sebelum membuka usaha peternakan Ayam kampung super.
  • Pilihlah lokasi peternakan yang agak jauh dari rumah tetangga,hal ini untuk mengantisipasi bila ada tetangga yang komplain karena mencium bau atau mendengar suara berisik ayam.
  • Sebelum masa panen tiba,sebaiknya Anda menyelidiki harga pasaran ayam kampung super yang berlaku pada saat itu.Seperti pada produk-produk lainnya''harga sewaktu-waktu bisa berubah''.
Baca juga Peluang Usaha Ternak Ayam Kampung Paling Untung
Baca juga Peluang Bisnis Jual Beli Burung Hias
Baca juga 14 Contoh Peluang Bisnis Di Bidang Peternakan

Itulah beberapa penjelasan mengenai prospek usaha ternak ayam kampung super yang menguntungkan dari segi modal,dari segi keuntungan penjualan maupun dari segi pemeliharaan.Dan yang tidak kalah penting adalah bahwa berternak ayam kampung super tidak akan pernah kehilangan pasar serta pasar yang sudah ada akan terus berkembang dari waktu-kewaktu karena permintaan pasar untuk konsumsi ayam kampung super semakin meningkat  setiap tahunnya.

Comments

Popular posts from this blog

Peluang Usaha Penyewaan Mobil Dan Motor Anak

Dunia bermain Anak memang penuh dengan Peluang Bisnis .Jika Anda jeli melihat peluang betapa menguntungkannya usaha sewa mobil mainan yang di jalankan pakai aki listrik tentu Anda akan tergiur untuk mengimplementasikan usaha ini.Karena untuk menjadi sukses tentunya kita harus berani mengambil peluang sekecil apapun,terlebih Peluang usaha sewa mobil mainan anak ini sangat besar untuk bisa diimplementasikan asalkan Anda memiliki modal yang cukup untuk bisa bermain di bisnis ini. Pada saat jalan-jalan ke mall atau pusat keramaian mungkin Anda pernah atau sering menjumpai anak-anak kecil yang berlalu-lalang kesana-kemari dengan mengendarai mobil atau motor mini yang mereka jalankan sendiri?Tentu Anda yang belum tahu bertanya-tanya apakah Anak-anak tersebut membawa mainan mereka yang dirumah untuk dimainkan di mall.Tentu jawabannya tidak.Anak-anak tersebut memakai mobil dan motor mainan dengan menyewa di tempat pesewaan mainan anak yang ada di mall tersebut. Realita inilah yang b

Lowongan Usaha Online Terbaru Modal 3 Juta Profit 500ribu Sekali Belanja

Lowongan Usaha Online Terbaru Modal 3 Juta Profit 500ribu Sekali Belanja - Pengguna internet di Indonesia makin tahun semakin banyak kira-kira sekitar 100 juta pengguna baru bertambah setiap tahunnya itulah mengapa bisnis online semakin berkembang cepat di Indonesia. Marketplace juga semakin banyak bermunculan seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak dan masih banyak lagi. Ayo manfaatkan smartphone android anda maupun laptop anda untuk menghasilkan keuntungan sebesar 500 ribu setiap hari. Bayangkan saja 500 ribu hanya dari rumah. Apa yang harus kita lakukan ? Caranya sangat mudah kita tinggal buka 3 marketpalce di atas satu per satu untuk melihat produk apa yang kiranya laris manis untuk dijual didaerah anda. Setelah ketemu misalnya "tas" simpan gambarnya lalu share ke sosial media milik anda seperti di Instagram, Facebook dan sebagainya. Lakukan hal yang sama untuk produk yang lain. Selanjutnya tinggal tunggu komentar, jika ada yang mesan kita tinggal

Peluang Usaha Terdahsyat Untung Hingga Rp.22jt/Bulan Cuma Dari Rumah

Peluang Usaha Terdahsyat Untung Hingga Rp.22jt/Bulan Cuma Dari Rumah – Apakah anda pernah mendengar tentang bisnis dropship ?. Dropship adalah sistem menjual produk secara online yang mana kita tidak harus memiliki produk tersebut lalu menjualkannya kepada konsumen dengan mengambil keuntungan dari selisih harga barang. Kita juga tidak perlu repot mengerjakan pengemasan barang dan pengiriman barang ke pada pembeli karena semua itu akan dilakukan supplier dan mantapnya lagi pada kemasan paket produk yang dijual bertuliskan nama kita atau nama toko kita bukan nama supplier, jadi kredibilitas kita tetap terjaga baik. Untuk memasarkan produk kita bisa secara online maupun offline, tapi biasanya dengan cara online lebih efektif dan jangkauan orangnya semakin besar. Ada beberapa saran untuk memasarkan produk secara online seperti di blog, facebook, twitter, instagram, BBM, whatsapp dan masih banyak lagi. Tugas kita sangatlah mudah yaitu memilih produk yang kiranya laku