Skip to main content

Sekilas Tentang Pengertian Saham

Pengertian Saham-Saham adalah bentuk penyertaan modal dalam sebuah perusahaan.Ketika kita mempunyai kepemilikan saham didalam suatu perusahaan tertentu,misalnya dalam hal ini adalah perusahaan Liandhara,oleh karena kita memiliki saham meskipun sedikit pada perusahaan Liandhara,maka bisa dikatakan kita memiliki perusahaan tersebut sebesar presentase tertentu sesuai dengan jumlah lembar saham yang kita beli yang telah menjadi milik kita.Meskipun kita hanya memiliki beberapa lembar saham yang jumlahnya tidak begitu banyak atau hanya 1 persen dari keseluruhan saham,kita bisa disebut sebagai bagian dari pemegang saham,meskipun kita tidak ikut mendirikannya dari awal mula perusahaan tersebut berdiri.Itulah sedikit tentang pengertian saham secara mudahnya.

Pengertian Saham

Perusahaan Seperti Apa Yang Bisa Menjual Saham?

Pada umumnya perusahaan-perusahaan yang menjual sebagian sahamnya kepada khalayak umum ialah perusahaan yang telah berdiri serta telah beroperasi selama rentang beberapa tahun lamanya,dimana status prestasi dari perusahaan tersebut selalu membukukan keuntungan serta lonjakan laba dari tahun ketahun yang cukup signifikan.Dengan demikian keuntungan pada perusahaan tersebut bisa tetap dipertahankan atau bisa ditingkatkan agar pemilik perusahaan bisa mendapatkan keuntungan.Sampai disini tentulah Anda sudah paham bahwa ketika Anda membeli saham perusahaan Liandhara,sebenarnya yang Anda beli bukanlah masa kini perusahaan,melainkan masa depan perusahaan tersebutlah yang Anda beli.

Contoh Kasus Pendirian Perusahaan Dengan Banyak Pemilik Saham

Biar lebih jelas,mari kita perhatikan salah satu contoh misalnya perusahaan Liandhara bergerak dalam bidang bisnis online dengan produk-produk berupa sistem penjualan online di www.bisnisliandhara.com.Perusahaan Liandhara didirikan oleh 3 orang,yaitu Laras,Dhara,Fauzi dengan modal Rp.100 Juta.Komposisi kepemilikan saham perusahaan tersebut adalah Laras sebesar 40 persen karena Laras menyetorkan modal awal sebesar 40juta.Sedangkan Dhara memiliki kepemilikan porsi saham sebesar 35 Persen karena Dhara menyetorkan modal awal sebesar 35juta pada saat pendirian perusahaan Liandhara.Sementara Fauzi 25 persen karena modal yang disetorkan oleh Fauzi terbilang paling sedikit diantara yang lainnya yaitu 25juta.Jadi total saham yang akan diterbitkan sejumlah 1.000.000 saham dengan nilai nominal perlembar saham seharga Rp.100 Rupiah.

Contoh Kasus Penjualan Saham Oleh Suatu Perusahaan Kepada Publik

Perusahaan Liandhara tersebut beroperasi selama lima tahun dengan membukukan laba sebesar 50 persen setiap tahunnya secara terus menerus.Pada akhir tahun kelima,setelah melalui berbagai perhitungan nilai aset,kewajiban dan lain-lain ditemukan bahwa nilai harga saham Liandhara Rp.300 Rupiah perlembarnya.Angka Rp.300 Rupiah tersebut disebut sebagai nilai buku dari perusahaan Liandhara.Kita asumsikan pada saat itu perusahaan Liandhara sedang membutuhkan dana segar untuk pengembangan sayap perusahaan,dan manajemen serta pemegang saham perusahaan yang terdiri dari Laras,Dhara dan Fauzi bersepakat untuk menjual 45 persen dari jumlah keseluruhan saham yang mereka miliki.Jika perusahaan Liandhara menjual sahamnya dengan harga Rp.300 Rupiah perlembar sahamnya,tentu para pelaku pasar atau invistor yang punya modal akan berbondong-bondong untuk membeli saham tersebut.Siapapun yakin akan untung bila membeli saham dari perusahaan Liandhara tersebut dikarenakan prestasi pembukuan laba yang secara konsisten oleh perusahaan Liandhara tersebut yang telah terbukti menghasilkan keuntungan yang cukup besar dalam kurun waktu 5 tahun.

Kesimpulan

Meskipun nilai bukunya adalah seharga Rp.300 perlembar saham,pihak manajemen perusahaan Liandhara bisa menjual sahamnya seharga Rp.2000 perlembarnya kepada para investor dan ini sudah berlaku secara umum.Jika asusmsi serta pandangan investor terhadap perusahaan Liandhara cukup baik,dan ketika saham tersebut dilepas kepublik seharga Rp.2000 perlembarnya kemudian kita membeli beberapa lembar saham tersebut maka sejatinya kita secara tidak langsung ikut berbisnis saham,dan ketika harga saham Liandhara naik,maka kita bisa menjualnya dengan harga yang lebih mahal yang telah ditentukan oleh rapat pemegang saham.

Bagaimana sobat,sudah pahamkah Anda tentang apa itu saham dan bagaimana pengertian saham itu?setelah Saya jabarkan contoh kasus pendirian perusahaan hingga menghasilkan lembar saham serta contoh kasus penjualan saham oleh suatu perusahaan,tentunya Anda sudah semakin paham Apa itu saham dan bagaimana pengertian saham.Baca Juga Persiapan Awal Sebelum Trading Saham Online.

Popular posts from this blog

Peluang Usaha Penyewaan Mobil Dan Motor Anak

Dunia bermain Anak memang penuh dengan Peluang Bisnis .Jika Anda jeli melihat peluang betapa menguntungkannya usaha sewa mobil mainan yang di jalankan pakai aki listrik tentu Anda akan tergiur untuk mengimplementasikan usaha ini.Karena untuk menjadi sukses tentunya kita harus berani mengambil peluang sekecil apapun,terlebih Peluang usaha sewa mobil mainan anak ini sangat besar untuk bisa diimplementasikan asalkan Anda memiliki modal yang cukup untuk bisa bermain di bisnis ini. Pada saat jalan-jalan ke mall atau pusat keramaian mungkin Anda pernah atau sering menjumpai anak-anak kecil yang berlalu-lalang kesana-kemari dengan mengendarai mobil atau motor mini yang mereka jalankan sendiri?Tentu Anda yang belum tahu bertanya-tanya apakah Anak-anak tersebut membawa mainan mereka yang dirumah untuk dimainkan di mall.Tentu jawabannya tidak.Anak-anak tersebut memakai mobil dan motor mainan dengan menyewa di tempat pesewaan mainan anak yang ada di mall tersebut. Realita inilah yang b

Lowongan Usaha Online Terbaru Modal 3 Juta Profit 500ribu Sekali Belanja

Lowongan Usaha Online Terbaru Modal 3 Juta Profit 500ribu Sekali Belanja - Pengguna internet di Indonesia makin tahun semakin banyak kira-kira sekitar 100 juta pengguna baru bertambah setiap tahunnya itulah mengapa bisnis online semakin berkembang cepat di Indonesia. Marketplace juga semakin banyak bermunculan seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak dan masih banyak lagi. Ayo manfaatkan smartphone android anda maupun laptop anda untuk menghasilkan keuntungan sebesar 500 ribu setiap hari. Bayangkan saja 500 ribu hanya dari rumah. Apa yang harus kita lakukan ? Caranya sangat mudah kita tinggal buka 3 marketpalce di atas satu per satu untuk melihat produk apa yang kiranya laris manis untuk dijual didaerah anda. Setelah ketemu misalnya "tas" simpan gambarnya lalu share ke sosial media milik anda seperti di Instagram, Facebook dan sebagainya. Lakukan hal yang sama untuk produk yang lain. Selanjutnya tinggal tunggu komentar, jika ada yang mesan kita tinggal

Peluang Usaha Terdahsyat Untung Hingga Rp.22jt/Bulan Cuma Dari Rumah

Peluang Usaha Terdahsyat Untung Hingga Rp.22jt/Bulan Cuma Dari Rumah – Apakah anda pernah mendengar tentang bisnis dropship ?. Dropship adalah sistem menjual produk secara online yang mana kita tidak harus memiliki produk tersebut lalu menjualkannya kepada konsumen dengan mengambil keuntungan dari selisih harga barang. Kita juga tidak perlu repot mengerjakan pengemasan barang dan pengiriman barang ke pada pembeli karena semua itu akan dilakukan supplier dan mantapnya lagi pada kemasan paket produk yang dijual bertuliskan nama kita atau nama toko kita bukan nama supplier, jadi kredibilitas kita tetap terjaga baik. Untuk memasarkan produk kita bisa secara online maupun offline, tapi biasanya dengan cara online lebih efektif dan jangkauan orangnya semakin besar. Ada beberapa saran untuk memasarkan produk secara online seperti di blog, facebook, twitter, instagram, BBM, whatsapp dan masih banyak lagi. Tugas kita sangatlah mudah yaitu memilih produk yang kiranya laku