Skip to main content

Tips Bisnis Online A sampai Z (0-9)

Tips Bisnis Online A sampai Z (0-9) – Bisnis online adalah semua kegiatan yang dilakukan secara online (melalui internet). Setiap pelaku usaha / pembisnis yang menjalankan aktivitasnya melalui internet bisa di katakan menjalankan bisnis online.

Kegiatan bisnis online meliputi kegiatan seperti jualan online, jual jasa secara online dan berbagai jenis bisnis lainnya yang dionlinekan.

Tips Bisnis Online A sampai Z (0-9)

Intinya jika kita ada ide bisnis maupun produk yang unik, kita bisa menjualnya secara online.

Bahasa mudahnya adalah semua orang bisa memulai bisnis online.

Jenis bisnis online terbagi dalam beberapa jenis di antaranya :

1. Website
2. Toko Online atau Marketplace
3. Blog
4. Sosial Media

Keuntungan maupun manfaat membuka bisnis online :

1. Hemat biaya sewa tempat dan karyawan
2. Jenis produk fleksibel (bisa apa saja)
3. Mudah diakses 24 jam

Tantangan dalam memulai bisnis online

1. Membutuhkan keahlian teknis mengenai website, toko online, blog dan sosial media
2. Membutuhkan biaya untuk laptop / komputer dan koneksi internet

Apakah kalian sedang mencari penghasilan tambahan dari internet ? atau memang ingin bisnis online sebagai penghasilan utama dalam hidup. Teman beruntung nyasar ke dalam blog ini karena saya akan kupas tuntas masalah bisnis online dari awal hingga akhir.

Panduan memulai bisnis online untuk pemula

Berikut ini 3 hal yang harus dimulai untuk bisnis online
  • Putuskan mau jadi apa dalam bisnis online, apa itu : jualan produk / jadi youtuber / jadi blogger, dll.
  • Setelah diputuskan langsung ambil langkah, jika itu jualan langsung buka lapak online atau nebeng di marketplace besar indonesia seperti tokopedia, dll
  • Promosikan ke keluarga, teman-teman dan orang banyak

Resep penting rahasia bisnis online
  • Cari apa yang dibutuhkan orang banyak jika itu jualan. Buat konten video yang menghibur yang sedang di cari orang jika itu youtuber dan tulis artikel yang membantu orang memecahkan masalah yang sedang mereka hadapi jika itu blogger.
  • Kita selaku pembisnis online adalah sebagai problem solver yaitu pemberi solusi dari semua permasalah yang banyak dihadapi orang.

Berikut ini beberapa barang fisik dan barang digital yang laris di internet :

1. Barang fisik : obat herbal, smartphone, fashion, aksesoris rumah, dll.
2. Barang digital : ebook, produk informasi tulisan (buat blogger), kursus online, buat aplikasi, dll.
3. Jasa : jasa pembuatan website, jasa online marketing, agen tour & travel, agen umrah dan haji dan jasa-jasa lainnya.

Seterusnya adakah yang namanya bisnis online yang tanpa modal ?

Dari yang saya ketahui semua bisnis baik itu offline maupun online tidak ada yang namanya bisnis tanpa modal. Kata-kata “Tanpa Modal” itu adalah Cuma kata rayuan gombal semata dalam bisnis.

Kita ambil contoh bisnis online saja, misalnya ingin jadi blogger atau youtuber maka hal-hal yang perlu kita punya seperti laptop / komputer, biaya koneksi internet dan beberapa keahlian lainnya.

Jadi blogger : peralatan yang harus kita punya sebuah laptop, biaya koneksi internet bulanan, kebisaan sedikit edit html, keahlian menulis konten original dan keahlian pendukung lainnya.

Jadi youtuber : peralatan yang harus kita miliki sebuah laptop / sebuah komputer, biaya koneksi internet bulanan untuk upload video, punya sedikit keahlian editing video dan keahlian pendukung lainnya.

KESIMPULAN : tidak ada yang namanya bisnis tanpa modal.

Sudah menjalani bisnis online akan tetapi terus menerus gagal, berikut ini 6 penyebab kegagalan bisnis online :

1. Salah dalam perencaan atau memulai pada awal
2. Target awal terlalu besar seperti ingin cepat dapat hasil besar
3. Minim ilmu dan pengetahuan
4. Kurang sabar, kunci sukses bisnis itu sabar untuk memetik hasilnya
5. Salah dalam memilih niche
6. Monoton tidak ada keunikan

Lantas apa rahasia sukses bisnis online yang seharusnya di miliki seorang Netpreneur sejari ?. Ini dia yang harus kita miliki untuk bisa sukses di bisnis online :
  1. Mampu menggunakan komputer dan internet dengan baik, seperti memehami cara menggunakan facebook, twitter, instagram, mengerti bahasa html dan yang lainnya.
  2. Mau mengeluarkan uang jika diperlukan termasuk biaya bulanan internet.
  3. Menguasai bahasa inggris walaupun sedikit.
  4. Memiliki kesabaran, tidak mudah putus asa, telaten dan mau bekerja keras. Karena bisnis online bukan cara untuk membuat orang mendadak kaya, tapi secara perlahan.
  5. Mau berdo’a disetiap saat karena yang bisa merubah nasib kita sendiri adalah diri kita sendiri.
  6. Kesimpulan dalam menjalani bisnis online adalah harus punya skill / keahlian, sabar, tidak mudah putus asa, telaten, mau berkorban secara fisik dan finansial, terus berdo’a dan jangan mudah tertipu atau tergiur dengan bisnis-bisnis yang beredar di internet yang menjanjikan penghasilan yang tinggi dalam waktu singkat serta gratis sebab itu semua BOHONG.

Demikian informasi mengenai tips bisnis online yang bisa saya share, ada yang ditanyakan ? silahkan tulis di komentar !!.

Comments

Popular posts from this blog

Peluang Usaha Penyewaan Mobil Dan Motor Anak

Dunia bermain Anak memang penuh dengan Peluang Bisnis .Jika Anda jeli melihat peluang betapa menguntungkannya usaha sewa mobil mainan yang di jalankan pakai aki listrik tentu Anda akan tergiur untuk mengimplementasikan usaha ini.Karena untuk menjadi sukses tentunya kita harus berani mengambil peluang sekecil apapun,terlebih Peluang usaha sewa mobil mainan anak ini sangat besar untuk bisa diimplementasikan asalkan Anda memiliki modal yang cukup untuk bisa bermain di bisnis ini. Pada saat jalan-jalan ke mall atau pusat keramaian mungkin Anda pernah atau sering menjumpai anak-anak kecil yang berlalu-lalang kesana-kemari dengan mengendarai mobil atau motor mini yang mereka jalankan sendiri?Tentu Anda yang belum tahu bertanya-tanya apakah Anak-anak tersebut membawa mainan mereka yang dirumah untuk dimainkan di mall.Tentu jawabannya tidak.Anak-anak tersebut memakai mobil dan motor mainan dengan menyewa di tempat pesewaan mainan anak yang ada di mall tersebut. Realita inilah yang b

Lowongan Usaha Online Terbaru Modal 3 Juta Profit 500ribu Sekali Belanja

Lowongan Usaha Online Terbaru Modal 3 Juta Profit 500ribu Sekali Belanja - Pengguna internet di Indonesia makin tahun semakin banyak kira-kira sekitar 100 juta pengguna baru bertambah setiap tahunnya itulah mengapa bisnis online semakin berkembang cepat di Indonesia. Marketplace juga semakin banyak bermunculan seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak dan masih banyak lagi. Ayo manfaatkan smartphone android anda maupun laptop anda untuk menghasilkan keuntungan sebesar 500 ribu setiap hari. Bayangkan saja 500 ribu hanya dari rumah. Apa yang harus kita lakukan ? Caranya sangat mudah kita tinggal buka 3 marketpalce di atas satu per satu untuk melihat produk apa yang kiranya laris manis untuk dijual didaerah anda. Setelah ketemu misalnya "tas" simpan gambarnya lalu share ke sosial media milik anda seperti di Instagram, Facebook dan sebagainya. Lakukan hal yang sama untuk produk yang lain. Selanjutnya tinggal tunggu komentar, jika ada yang mesan kita tinggal

Peluang Usaha Terdahsyat Untung Hingga Rp.22jt/Bulan Cuma Dari Rumah

Peluang Usaha Terdahsyat Untung Hingga Rp.22jt/Bulan Cuma Dari Rumah – Apakah anda pernah mendengar tentang bisnis dropship ?. Dropship adalah sistem menjual produk secara online yang mana kita tidak harus memiliki produk tersebut lalu menjualkannya kepada konsumen dengan mengambil keuntungan dari selisih harga barang. Kita juga tidak perlu repot mengerjakan pengemasan barang dan pengiriman barang ke pada pembeli karena semua itu akan dilakukan supplier dan mantapnya lagi pada kemasan paket produk yang dijual bertuliskan nama kita atau nama toko kita bukan nama supplier, jadi kredibilitas kita tetap terjaga baik. Untuk memasarkan produk kita bisa secara online maupun offline, tapi biasanya dengan cara online lebih efektif dan jangkauan orangnya semakin besar. Ada beberapa saran untuk memasarkan produk secara online seperti di blog, facebook, twitter, instagram, BBM, whatsapp dan masih banyak lagi. Tugas kita sangatlah mudah yaitu memilih produk yang kiranya laku