Ini Dia 3 Bidang Usaha Yang Menjanjikan di Kampung

Ini Dia 3 Bidang Usaha Yang Menjanjikan di Kampung - Usaha yang menjanjikan di kampung sebenarnya sangatlah banyak. Meskipun lingkungan di kampung tidak sekomsumtif di kota, namun tetap saja beberapa kebutuhan yang tidak bisa mereka hasilkan sendiri sangat mereka butuhkan. Inilah potensi bisnis yang perlu Anda gali. Sebagai seorang pebisnis, Anda harus mampu menemukan peluang bisnis tersebut. Sebagai bantuan, berikut ini beberapa ide usaha yang bisa Anda kembangkan di kampung dan mempunyai peluang untuk sukses.

Ini Dia 3 Bidang Usaha Yang Menjanjikan di Kampung

1. Bisnis di Bidang Pertanian dan Peternakan

Kultur pedesaan sangatlah kental dengan pertanian dan peternakan. Oleh karena itu, mengembangkan bisnis di bidang ini sangat potensial untuk Anda kerjakan. Berikut ini beberapa bisnis bidang pertanian dan peternakan yang bisa Anda garap :

  • Menjual beras, sayur mayur mentah, dan buah-buahan. Meskipun banyak orang desa yang menanam sendiri kebutuhan pangan mereka, namun ada juga penduduk yang harus membelinya. Nah, usaha Anda ini memang dikhususkan untuk membidik penduduk yang tidak mempunyai lahan untuk bercocok tanam, sehingga harus membeli segala kebutuhan pangan mereka di warung. Dalam hal ini, Anda bisa mengambil barang dari petani langsung. Atau, jika Anda mempunyai lahan luas, menanam sendiri padi, sayur mayur, dan buah-buahan akan lebih menghemat biaya produksi Anda, yang berarti akan memperbesar keuntungan yang Anda dapatkan.
  • Mengembangkan budi daya ikan seperti lele, belut, dan sebagainya. Dalam hal ini, Anda bisa menjualnya dalam kondisi hidup. Sehingga, bisa dibilang, Anda adalah petani peternakan. Selain menjual langsung kepada masyarakat, Anda bisa bekerja sama dengan pemilik warung untuk menyalurkan hasil budi daya Anda.
  • Mengembangkan peternakan ayam. Lahan yang luas sangat potensial untuk mengembangkan pertenakan ayam. Dari peternakan ini, Anda bisa menjual berbagai produk ayam, mulai dari menjual ayam hidup, menjual dagingnya, hingga menjual telurnya.

2. Bisnis di Bidang Perniagaan

Selain pertanian dan peternakan, Anda juga mengembangkan usaha di bidang perniagaan. Beberapa contoh perniagaan yang bisa Anda kembangkan antara lain :

  1. Membuka toko pertanian dan peternakan.
  2. Membuka toko kelontong.
  3. Membuka warung makan.
  4. Membuka konter pulsa.
  5. Membuka toko perhiasan emas
  6. Menjadi pengepul dari petani yang memproduksi hasil buminya.

Semua usaha tersebut sangat potensial untuk mendapatkan keuntungan yang besar. Memang dibutuhkan modal lebih dahulu untuk menjalankan usaha ini. Namun, jangan khawatir. Modal yang Anda keluarkan tersebut akan dengan cepat kembali, bahkan plus keuntungan yang berlipat.

Namun, dalam menjalankan usaha ini, yang tetap harus Anda ingat adalah jangan sampai merugikan pihak petani. Saat Anda menjadi pengepul, berikan harga sewajarnya yang sebanding dengan keringat yang telah ia keluarkan. Dan, saat Anda menjual kembali barang tersebut, berikan harga standar.

Dengan begitu, sirkulasi barang dagangan Anda akan lancar. Meskipun mendapatkan keuntungan sedikit, namun laris setiap saat, lama kelamaan keuntungan yang Anda dapatkan akan berlipat ganda. Begitu juga dengan bisnis penjualan pulsa. Meskipun di pedesaan, kebutuhan akan pulsa sangatlah urgent bagi mereka, mengingat hampir semua orang saat ini sudah memiliki handphone.

3. Bisnis di Bidang Jasa

Bidang jasa juga bisa Anda bidik sebagai ladang usaha Anda yang menjanjikan. Beberapa contoh bisnis bidang jasa antara lain :

  • Persewaan mesin pertanian. Beberapa mesin pertanian yang biasanya dibutuhkan petani antara lain traktor, mesin gilingan padi, pemotong kayu, mesin pemanen padi, dan masih banyak lagi. Mengingat harga dari mesin-mesin tersebut sangatlah mahal, alternatif menyewa bisa menjadi peluang untuk bisnis Anda.
  • Membuka jasa penjahitan baju. Potensi jasa ini sangatlah bagus, mengingat harga jual baju di toko pasti lebih mahal daripada menjahit sendiri.
  • Membuka jasa bengkel motor. Jika Anda mempunyai keahlian di bidang mesin, bisa membuka jasa bengkel motor. Jangan ditanya, di pedesaan pun, sebagian besar penduduknya sudah mempunyai sepeda motor.

Jika Anda telaten dan siap untuk bekerja keras, ketiga bidang bisnis di atas akan memberikan keuntungan besar untuk Anda. Jangan remehkan masyarakat desa. Meskipun terbiasa hidup sederhana, namun mereka tetap membutuhkan beberapa kebutuhan yang tidak bisa mereka produksi sendiri. Nah, tinggal tugas Anda untuk mencari peluang tersebut. So, jangan takut untuk menjalankan usaha yang menjanjikan di kampung.

0 Response to "Ini Dia 3 Bidang Usaha Yang Menjanjikan di Kampung"

Post a Comment